Selasa, 11 Desember 2018

Layanan Sosial Media G+, Disuntik Mati !! Kenapa ?

Tidak ada komentar
Sudah cukup banyak layanan google yang dimuseumkan, kini layanan sosial media Google plus akan disuntik mati. Hal ini setelah terbukti memaparkan data profil data pengguna dari hampir 500.000 anggota situs jejaring sosialnya, Google mengumumkan kembali pada Oktober bahwa akan menutup versi konsumen Google+ pada Agustus 2019. So buat para Influencer Marketing yang masih pakai google plus silakan cari alternatif lain.

google plus


Masih ingat mengenai google authorship yang cukup fenomenal hingga akhirnya harus dimatikan dan memang terkait erat dengan profle g+ ini.

Alasan utama di balik keputusan Google adalah bug perangkat lunak yang terkait dengan API yang digunakan untuk Google+, yang memungkinkan lebih dari 400 aplikasi berpotensi mengakses nama, tanggal lahir, alamat email, foto profil, dan info lainnya tentang pengguna layanan.

Google mengumumkan bahwa beberapa pengguna sekali lagi terkena dampak oleh pembaruan perangkat lunak yang diperkenalkan pada bulan November yang berisi bug yang memengaruhi API Google+. Karena penemuan bug baru tersebut, Google memutuskan untuk mematikan layanan jejaring sosial pada bulan April, alih-alih Agustus 2019.

Setelah menyelidiki masalah ini, Google mengatakan bahwa bug tersebut berdampak pada sekitar 52,5 juta pengguna sehubungan dengan API Google+. API yang terpengaruh menawarkan akses penuh kepada aplikasi ke informasi profil yang ditambahkan oleh pengguna ke profil Google+ mereka, termasuk nama, alamat email, pekerjaan, usia, bahkan jika profil itu disetel ke tidak publik.

Baca juga, Area Abu-abu Influencer Marketing

Namun, bug tidak memberi pengembang akses ke informasi yang lebih sensitif seperti data keuangan, nomor identifikasi nasional, kata sandi, atau jenis data lain yang dapat digunakan untuk penipuan atau pencurian identitas.

Google juga menegaskan bahwa tidak ada pihak ketiga yang mengkompromikan sistemnya dan tidak ada bukti bahwa pengembang yang memiliki akses ini selama enam hari melakukan apa pun untuk memanfaatkan bug tersebut. Sejauh pelanggan perusahaan pergi, Google mengumumkan bahwa sekarang memberi tahu mereka tentang masalah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Halaman