Selasa, 04 Desember 2018

Area Abu-abu Influencer Marketing

2 komentar
Pernahkah tebersit dalam pikiran mengenai link sponsor & Influencer Marketing ? karena umumnya review produk atau layanan menyertakan tautan terutama jika model reviewnya melalui blog. Apakah tautan tersebut natural ? dimana google tidak senang dengan jual beli link.

Influencer Marketing


Jadi, apakah ini benar? Jika demikian, apa yang dapat kamu lakukan agar kampanye Influencer Marketing tidak merusak dari sisi SEO ?

Ini adalah area yang rawan karena dianggap melanggar pedoman Google.

Cara paling mudah adalah bilang pada Influencer Marketing untuk memberikan atribut nofollow pada tautan diblog mereka, tapi ini malah jadi konyol. Mau bayar tapi dapat link nofollow !

Kita tahu Influencer Marketing adalah cara yang bagus untuk mendorong pandangan tambahan ke situs. "Membayar" influencer dengan menawarkan produk atau layanan secara adalah strategi yang lumayan jitu. Apalagi kalau sudah Coba SOSIAGO Influencer Marketing dijamin ketagihan.

Tidak semua influencer akan menautkan ke situs dan tidak semua influencer menyukai produk  kemudian memberi tahu follower-nya tentang hal itu.

Menawarkan produk kepada mereka untuk mencoba dengan harapan bahwa mereka akan memeriksanya, membuat video tentang itu, atau menggunakannya dalam proyek yang akan datang tidak berbeda dengan jika mereka membeli produk tersebut di toko dan memutuskan untuk menggunakannya sendiri.

Tetapi jika brand melakukan pemasaran influencer nyata - di mana memperluas pemirsa produk adalah sasaran dan tautan atau ulasan pertama hanya bersifat sekunder - maka tidak ada cara bagi Google untuk menghukum brand untuk itu.

Selain itu, jangan menghitung banyaknya link, karena mesin pencari memutuskan untuk tidak menghitung jumlah tautan.

Tetapi sekali lagi, jika tujuannya adalah benar-benar memperluas lingkup pengaruh brand, bukan hanya untuk mendapatkan tautan, pasti akan baik-baik saja.

Hanya ingin menekankan bahwa ini adalah pendapat saya. Tidak banyak pengalaman saya dan belum melihat klien yang melakukan strategi Influencer Marketing kemudian berimbas negatif, tapi tidak ada jaminan bahwa semua itu aman.

2 komentar:

  1. Masalah dofollow nofollow ini masih jadi obrolan hangat di berbagai grup blogger :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal efeknya sudah tidak terlalu hangat :)

      Hapus

Entri Halaman